Profile Singkat Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

Profile Singkat Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

Profile Singkat Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020, Joan Mir barusan jadi juara dunia MotoGP 2020. Berikut profile singkat pembalap 23 tahun itu.
Joan Mir terlahir di Mallorca, 1 September 1997. Dia mengawali profesi balapannya dengan tampil di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2013, gelaran yang populer melahirkan bibit-bibit pembalap berpotensi.

Pada musim 2013, Mir finish di posisi ke-9 dengan perolehan 107 point. Dia kembali lagi beraksi di situ pada 2014, dan finish selaku runner-up dengan 194 point. Dia mencetak kemenangan sekitar 3x. Pada 2015, dia berpindah ke gelaran FIM CEV Moto3 Junior World Championship. Dia sebenarnya sempat turun di gelaran ini pada 2013, tetapi cuman tampil di seri Valencia. Pada 2015, dia tampil satu musim penuh, raih empat kemenangan dan finish di posisi ke-4 klassemen akhir.

Pada tahun itu juga dia mulai merasai atmosfer balapan kelas Moto3. Dia tampil sekali bersama Leopard Racing, persisnya di GP Australia, gantikan Hiroki Ono yang luka. Dia tidak berhasil finish saat itu, tetapi kekuatannya cukup nampak di Moto3 Junior, membuat Leopard Racing mempromokannya ke kelas Moto3 secara penuh pada 2016.

Joan Mir dua musim bertanding di Moto3. Pada musim pertama dengan motor KTM, Mir raih sekali kemenangan dalam 18 seri, dan akhiri musim 2016 dengan kumpulkan 144 point dan tempati posisi ke-5 klassemen akhir. Pada tahun selanjutnya, gelar juara dunia pada akhirnya dirasa Mir. Kesempatan ini dengan motor Honda, dia raih 10 kemenangannya atas keseluruhan 18 balapan, membuat mengamankan gelar Moto3 diakhir musim 2017.

Prestasi itu membuat Mir diambil Marc VDS Racing Tim untuk bertanding di Moto2 2018. Dia dikasih kontrak sepanjang 3 tahun. Pada Moto2 2018, Mir tidak sekalinya mencetak kemenangan, tetapi sukses naik tribune 4 kali dari 18 seri. Saat itu, dia tempati posisi ke enam klassemen akhir pembalap dengan 155 point, tetapi Suzuki yang lagi cari alternatif Andrea Iannone ternyata tertarik dengannya. Mir pada akhirnya berpindah ke MotoGP pada 2019 dan memutuskan kontraknya di Marc VDS.

Di MotoGP 2019, Mir mulai berduet dengan Alex Rins yang telah diambil semenjak 2017. Pada musim pertamanya, Mir kalah berkilau dibanding rookie yang lain, yaitu Fabio Quartararo. Pada saat pembalap Prancis itu dapat raih tujuh tribune, Mir tidak berhasil sama sekalipun. Dia tempati posisi keduabelas klassemen akhir dan cuman kumpulkan 92 point. Perolehan terbaik yaitu finish posisi ke-5 di MotoGP Australia. Dia kalah cemerlang dari Rins, yang tempati posisi ke-4 klassemen akhir dengan 205 point.

Dengan yang dicapainya pada 2019, Mir terang tidak difavoritkan di MotoGP 2020. Apa lagi di tiga race pertama, dia jatuh 2x. Banding dengan Quartararo yang raih dua kemenangan. Tetapi siapa kira, Mir sanggup tampil stabil semenjak seri ke-4, yaitu di MotoGP Austria. Dia raih tribune pertama dalam profesinya di MotoGP dengan finish ke-2 . Sesudahnya, stabilitas Mir tidak dapat disaingi siapa saja.

Waktu beberapa nama seperti Quartararo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, sampai Franco Morbidelli turun naik performnya, tidak begitu hal dengan Mir. Keseluruhan, dia sanggup naik tribune 7x dari 13 seri, satu salah satunya selaku juara (MotoGP Eropa). Dan di MotoGP Valencia, Mir juga mendapatkan ganjaran atas stabilitasnya itu, yaitu titel juara dunia MotoGP 2020. Finish ke-7 cukup mengantar Mir jadi jawara dengan perolehan 171 point dengan 1 seri sisa.

Joan Mir jadi pembalap ke enam yang pernah jadi juara semenjak zaman MotoGP pada 2002, susul Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez. Nella Nyqvist tentu saja mempunyai anugerah waktu pada tangannya dan pengetahuan jika ia mempunyai empat tahun untuk membuat medali perunggunya pada tingkat junior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *